Minggu, 18 November 2012

Bersahabat dengan (Rasa) Andaliman

pic source : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikkk4xS2SPpj1h__RkilMEVKU8ij4glFeZm90iDXzeB1HJUhBPlc2HkTqCQ97oR7J4_5A0FlYq4-kJ6A1lx2jQaIzzEZ6E6CvaNfau9Ya2NqDALjQCTPwfGxWERoGz32jbRoVFgZhTiZIQ/s1600/budi+andaliman.jpg




Pertama kali kenal ANDALIMAN ya sejak tinggal di Sumatera Utara, yakni tahun 2009. Waktu itu umurku menjelang tiga dekade. Hijijiji, menjelang tiga puluh tahun dan baru kenal andaliman. Ya mohon maklum. Pertama aku orang Jawa di mana masakan-masakan tradisionalnya tak kenal andaliman. Kedua pengetahuan kulinariku terbatas. Yai…sampai sekaraaaang nih, sampai jadi ibu rumah tangga, aku tetap belum punya passion dalam hal memasak. Adanya baru passion nonton acara masak-masak dan makan hasil masak-masak hihihi. Tapi suka nonton acara masak-masak ini juga barusaaaan :D.

Atau ada juga yang belum tau apa itu ANDALIMAN?

Kasih tauuu gakk yaaa? Hihihihi.

Andaliman adalah salah satu bumbu masakan khas Batak. Bentuknya bulat kecil-kecil sehingga juga dikenal dengan nama merica batak. Di sini, sangat mudah mendapatkan andaliman. Nggak perlu ke pajak (pasar), di warung-warung yang jualan sayuran, umumnya pasti ada andaliman. Di warung-warung, umumnya andaliman dijual dalam bentuk hijau segar. Tapi, kalau pun sudah menghitam, pembeli sering mau juga. Yang penting rasanya kali yaaa.. toh ternyata ada juga andaliman yang dijual kering/bubuk.

Anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae) ini tidak hanya terdapat di Batak. Andaliman juga dikenal di berbagai negara, terutama di benua Asia. Menurut Wikipedia, ada berbagai nama untuk andaliman. Dalam bahasa Mandarin ia dikenal sebagai huājiāo (花椒; harafiah: "lada bunga"). Orang Jepang mengenalnya sebagai sanshō (山椒), sedangkan di Korea ia dikenal sebagai sanchonamu (산초나무, Z. schinifolium) atau chopinamu (초피나무, Z. piperitum). Orang Tibet, Nepal, Bhutan, dan India juga mengenal bumbu ini. Dalam bahasa Inggris nama yang paling populer adalah Sichuan pepper, dengan variasi lain adalah "Szechwan pepper," "Chinese pepper," "Japanese pepper," "aniseed pepper," "Sprice pepper," "Chinese prickly-ash," "Fagara," "sansho," "Nepal pepper," dan "Indonesian lemon pepper,".

Dalam masakan, andaliman memberikan sensasi rasa getir-pedas. Rasanya bisa berpadu dengan pedas cabai.  Menurut artikel ini, andaliman diduga mengandung senyawa yang mempunyai aktivitas sebagai antimikroba dan antioksidan. Di bidang pangan, antioksidan digunakan untuk melindungi lemak/minyak terhadap kerusakan oksidatif.  Dalam kaitan dengan aplikasinya, aktivitas antioksidan dipengaruhi oleh sistem pangan yang merupakan medium bagi antioksidan tersebut. Buah Andaliman juga kaya akan vitamin C dan E yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kayaknya sih, pertama kali nyicip rasa andaliman pada sajian ikan arsik. Lidahku langsung nggak nyaman karena rasa getir-getir pedasnya. Tapi  karena tinggal di tanah Batak, meski di rumah nggak pernah masak pakai andaliman, tetap saja sekali waktu ketemu masakan yang pake andaliman. Entah itu lagi di sajian pesta atau suguhan waktu berkunjung ke rumah orang.  Pasalnya, banyak masakan khas Batak yang pake bumbu andaliman. 

arsik ikan mas. gambar dari dari https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkKfHuejEVJPeFA4dO4sUTaGAOw4Xv2OU8HJ8i7f1kP-JVOfjcm4Jv5BQmCimFig_XM8X_pkQNFT2oC-TjbUw1dSYcY5P0VJ7m9m9yTHCVURFq-jHCqmAwiTCDfXyTySxEY4Suk_EwtxZX/s1600/IMG_5289.JPG

Akibatnya, lama-lama lidahku bisa juga bersahabat dengan rasa andaliman.  Bahkan, sekarang sekali waktu aku juga masak pake bumbu andaliman. Masak arsik dan sambal rias aja siiiih hihihi… Yang penting mau coba masak walau soal rasa belum bisa dipertanggungjawabkeeeen :D. Tegasnya rasa bumbu andaliman lumayan menolong ketidakpandaianku memasak hehehe.

Sayangnya, sampai sekarang aku baru melihat buah andaliman saja. Aku belum pernah lihat tanaman andaliman. Kalau baca deskripsi tanaman plus gambarnya sih sudah.  Mudah-mudahan, suatu saat nanti bisa lihat langsung, seperti apa sosok tanaman andaliman. 

Andaliman memang “hanya” sekedar bumbu. Tapi buatku ini adalah salah satu elemen kemampuan adaptasiku dengan sesuatu yang baru.   

-------------------------------------------------------------
online cuma untuk senang-senang?
yuk online lebih produktif!
online dapat penghasilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar